Google Ghifari's Sketchbook - Learn Share Inspire Ghifari's Sketchbook - Learn Share Inspire

Widgets

Widgets

Hadirkan Warna Impian dengan Aplikasi DecorativeJI


Ilustrasi ruang kerja impian
Sumber gambar: http://warnaimpian.com
Seringkali kita merasa bingung dalam menentukan warna yang tepat untuk rumah dan juga berbagai ruangan di dalam rumah kita, entah itu ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, ruang kerja, dapur, atau kamar mandi. Padahal pemilihan warna tidak sesederhana yang kita kira dan di dalamnya mengandung banyak aspek, baik aspek filosofis, teknis, estetis, budaya hingga kesehatan dan psikologis.

Kesulitan dalam memilih warna tersebut menjadikan kita cenderung menggunakan warna-warna yang kurang kreatif, "aman" dan monoton seperti putih, krem, atau paling maksimal hijau tosca. Saya pun mengalami hal yang sama dalam memilih warna cat tembok untuk ruang kerja sekaligus kamar tidur saya di rumah. Namun, saya dan Anda tak perlu khawatir lagi untuk merencanakan dekorasi rumah dan ruangan, terutama dalam masalah pemilihan warna tembok meski Anda bukan seorang desainer interior. Sebab sekarang telah hadir DecorativeJI, aplikasi dekorasi yang ramah pengguna ini dapat menjadi solusi dalam menghadirkan warna impian untuk rumah dan ruangan Anda.

DecorativeJI (JI adalah akronim dari Jotun Indonesia) merupakan aplikasi mobile terbaru yang diluncurkan oleh PT. Jotun Indonesia, suatu perusahaan terkemuka global penyedia cat berkualitas tinggi. Aplikasi mobile dekorasi pertama di Indonesia yang lebih terfokus pada pemilihan cat dan warna ini seakan menjadi jawaban bagi Anda yang sibuk dan tidak memiliki banyak waktu untuk menentukan desain dan warna hunian Anda, tetapi sangat mobile dengan menggunakan beragam gadget dan gemar social networking. Kehadiran mobile app ini tentu menjadi terobosan baru baik bagi Jotun sendiri maupun bagi industri cat yang semakin kompetitif dan kebutuhan masyarakat Indonesia akan pengetahuan dan pemahaman mengenai pemilihan warna impian untuk hunian dan penggunaan cat berkualitas tinggi.

Aplikasi ini bisa diunduh dari banyak smartphone dan gadget, seperti Android, Blackberry, dan Apple iOS (iPhone, iPad, dan iPod Touch). Tak perlu khawatir soal biaya, karena aplikasi ini seluruhnya gratis. Sangat mudah juga untuk mengunduh dan menginstalnya, Anda cukup mencari aplikasi DecorativeJI di application store pada smartphone atau gadget Anda, download dan install. Proses instalasinya hampir sama untuk semua smartphone dan gadget.

Saya pun tertarik untuk menggunakan aplikasi ini untuk mendapatkan inspirasi atas pemilihan warna kamar tidur dan ruang kerja saya. Karena gadget satu-satunya yang saya miliki adalah Blackberry Gemini, tak pelak saya langsung mengunduh DecorativeJI dari smartphone saya tersebut, meski awalnya khawatir aplikasi tersebut tidak compatible dengan Blackberry saya yang merupakan keluaran lama. Tetapi ternyata kekhawatiran saya tidak terbukti. Proses mengunduh dan instalasi sangat cepat dan mudah. Tanpa menunggu lagi saya langsung mencoba aplikasi tersebut untuk melihat fitur-fiturnya. Aplikasi ini benar-benar user friendly, sangat mudah untuk menggunakannya. Saya akan berbagi kepada Anda pengalaman saya dalam menggunakan aplikasi DecorativeJI beserta penjelasan mengenai fitur-fiturnya yang ternyata semuanya sangat menarik. Semoga bermanfaat dan menginspirasi... :)

DecorativeJI ternyata memiliki beragam fitur terkait dengan dekorasi dan pemilihan warna dinding rumah hunian, baik eksterior maupun interior, beserta ruangan-ruangan di dalam rumah seperti ruang keluarga dan kamar tidur. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur ensiklopedia warna, tanya-jawab dengan pakar, info produk Jotun Indonesia, lokasi Jotun terdekat, hingga artikel-artikel mengenai desain dan dekorasi ruangan, serta info acara dan promo terkini dari Jotun. Tetapi ternyata fitur DecorativeJI tidak hanya sebatas itu, hal yang cukup mengejutkan adalah ternyata DecorativeJI juga memiliki fitur games dan juga dapat Anda gunakan untuk social networking. Sehingga menurut saya ini aplikasi yang tidak hanya akan menginspirasi Anda untuk memilih warna hunian, tetapi juga memberi manfaat lebih sebagai aplikasi hiburan dan social media. Berikut adalah penjelasan singkat saya tentang beberapa fitur menarik yang dimiliki DecorativeJI dan pengalaman saya dalam menggunakan aplikasi ini.

Tampilan depan aplikasi DecorativeJI di BlackBerry
- Photo Colour
Bagi Anda yang senang ber-social media, Anda dapat berbagi foto-foto yang menampilkan desain hunian Anda atau berbagi gambar yang telah Anda buat di aplikasi ini. Semua foto dan gambar tersebut tersimpan di dalam galeri yang juga berada pada fitur ini. Mungkin fitur ini dapat dikatakan seperti Instagram-nya Jotun Indonesia, tempat berbagi foto atau gambar arsitektur dan desain hunian yang menarik.

- Warnapedia
Jika Anda ingin mengenal dan mendalami lebih jauh makna simbolik dan efek psikologis dari suatu warna, Anda dapat memanfaatkan fitur Warnapedia pada DecorativeJI. Saya sangat tertarik dengan fitur ini karena dapat menginspirasi saya untuk memilih warna yang sesuai dengan efek kesehatan dan psikologis yang saya inginkan. Sebagai contoh, di sini saya ingin mengetahui makna simbolik dan efek psikologis dari warna biru yang telah kita kenal memang memiliki efek menenangkan.

Tampilan Warnapedia untuk warna biru
Melalui Warnapedia, saya tahu bahwa warna biru selain sebagai simbol air, es, langit, dan ketenangan yang telah saya ketahui sebelumnya, ternyata juga menjadi simbol kebangsawanan, keajaiban, dan konservatif. Saya juga fek psikologis yang ditimbulkan warna biru Melalui fitur ini pula, kita juga dapat mengetahui warna sekunder lainnya yang masih tergolong warna primer tersebut. Misalkan untuk warna primer biru terdapat warna sekunder biru tua, royal blue, biru langit, biru terang, aqua, dan turqoise. Saya pun terinspirasi untuk mendekor ulang kamar saya dan menggunakan warna biru aqua yang menenangkan.

Anda juga dapat mengetahui makna simbolik dan efek psikologis yang ditimbukan dari beragam warna dasar lainnya seperti abu-abu, hitam, kuning, oranye, coklat, merah muda, emas, hijau, dan merah. Fitur ini tidak hanya menambah pengetahuan Anda mengenai warna, tetapi juga dapat menginpirasi Anda untuk memilih warna yang sesuai untuk hunian dan ruangan dengan makna simbolik dan efek psikologis yang Anda inginkan.

- Jotun Geomancy

Tampilan fitur Jotun Geomancy pada DecorativeJI
Bagi Anda yang menginginkan ruangan dan hunian agar selalu memenuhi kaidah-kaidah feng shui, baik dalam pemilihan elemen untuk furnitur maupun warna dominan, maka Jotun Geomancy adalah fitur yang sangat tepat untuk Anda. Anda dapat mengetahui makna dan penggunaan lima elemen/unsur alam, yaitu tanah, air, api, logam, dan kayu pada hunian Anda sehingga Anda dapat menyesuaikannya dengan pedoman feng shui. Selain itu, Anda juga dapat menentukan skema warna untuk hunian dan kantor sesuai dengan prinsip feng shui sehingga Anda dapat merasa lebih terharmonisasi dengan alam dan merasakan peningkatan energi positif yang sangat diperlukan untuk beraktivitas sehari-hari.

Salah satu nilai tambah dari fitur ini adalah Anda dimungkinkan untuk berkonsultasi langsung dengan pakar feng shui melalui menu "Question & Answers". Anda cukup mengirimkan nama, jenis kelamin, tanggal lahir, alamat email, arah dan derajat mata angin, serta foto ruangan yang ingin Anda konsultasikan. Selanjutnya kirim pertanyaan Anda dan tunggu balasan langsung dari pakarnya.

- Questions and Answers
Di fitur ini Anda dapat menemukan beragam artikel tanya-jawab seputar desain interior maupun eksterior hunian, mulai dari pemilihan warna, tata letak perabot rumah tangga ala feng shui, perencanaan desain kamar anak, dan beragam topik lainnya. Sangat menambah wawasan dan tentunya akan menginspirasi Anda mewujudkan hunian impian.

- Let's Colour
Fitur paling menarik pada aplikasi DecorativeJI ini menawarkan kepada Anda pengalaman menjadi desainer interior dan eksterior untuk hunian Anda sendiri, khususnya terkait pemilihan warna dinding. Terdapat menu Colour Consumption, Mix and Match, dan juga Colour Card.

Menu Colour Consumption pada fitur Let's Colour
Menu Colour Consumption merupakan menu yang sangat aplikatif untuk memperkirakan kebutuhan cat pada bidang permukaan tertentu, seperti logam, tembok maupun kayu dan luas yang dapat kita tentukan. DecorativeJI kemudian mengkalkulasi kebutuhan cat berdasarkan data-data yang kita masukkan sehingga kita dapat mengetahui berapa banyak kaleng cat yang dibutuhkan untuk mewarnai ruangan yang kita inginkan. Hal ini tentunya akan menghindarkan kita dari kerugian akibat pembelian yang terlalu banyak sehingga cat yang telah dibeli menjadi mubazir.


Saya menggunakan menu ini untuk mengestimasi kebutuhan cat pada ruang kerja sekaligus kamar tidur saya. Karena belum ada ruangan yang spesifik untuk ruang kerja, maka saya memilih living room (ruang keluarga) yang cukup representatif, kemudian saya pilih permukaan wall (tembok), dan saya masukkan luasnya adalah 40 meter persegi. Agar lebih ilustratif, berikut ini Anda dapat meilhat screenshot pengalaman saya menggunakan menu Colour Consumption.

Perkiraan kebutuhan cat pada menu Colour Consumption: 1) Memilih ruangan yang ingin dicat; 2) Memilih jenis permukaan dan memasukkan luas bidang yang akan dicat; 3) Hasil perkiraan kebutuhan cat akan ditampilkan

Seperti yang Anda lihat, sangat mudah menggunakan menu ini. Perkiraan cat yang Anda butuhkan pun langsung muncul beserta produk Jotun yang sesuai dengan kebutuhan ruangan yang ingin Anda cat. Fitur yang sangat menarik bukan? Selain untuk living room (ruang keluarga), Anda juga dapat membuat estimasi kebutuhan cat untuk dapur, kamar anak-anak, ruang makan, kamar tidur, dan juga eksterior.

Menu Mix and Match pada fitur Let's Colour
Menu selanjutnya pada fitur Let's Colour adalah Mix and Match. Menu yang sangat menarik dan interaktif ini membuat kita dapat memperkirakan warna yang cocok untuk ruangan yang kita ingin dekorasi secara cepat dan mudah. Terdapat beberapa pilihan ruangan yang dapat Anda mix and match warnanya yang tentu dapat menjadi inspirasi bagi Anda dalam memadu-padankan warna dinding, tata letak dan warna furnitur yang mengisi ruangan tersebut. Ada calm living room, colourful living room, chic bed room, classic bed room, simple bed room, contemporary exterior, inspiring exterior, dan minimalis exterior.

Saya menggunakan menu ini untuk mencoba warna apa yang kira-kira sesuai untuk ruang kerja saya. Kali ini saya memilih calm living room yang kira-kira dapat merepresentasikan ruang kerja dan mencoba warna biru turqoise. Berikut adalah screenshot proses yang saya lakukan pada DecorativeJI. Ternyata warna turqoise memang cocok untuk ruang kerja saya yang membutuhkan ketenangan.

Langkah-langkah yang dapat dilakukan pada menu Mix and Match: 1) Memilih ruangan yang ingin didekorasi; 2) Memilih warna baru untuk ruangan; 3) Menunggu ruangan sampai selesai "dicat"; 4) Ruangan telah memiliki warna baru sesuai dengan keinginan.
Menu Mix and Match ini sangat seru, interaktif, sekaligus inspiratif. Menu ini sangat berguna baik bagi Anda yang baru akan mendekorasi rumah baru maupun ingin mendekorasi ulang. Dengan membuat perkiraan warna yang sesuai untuk ruangan dan keinginan, tentu Anda tidak akan menyesal di kemudian hari akibat salah memilih.

Colour Card DecorativeJI rangkaian produk Jotun
Menu terakhir pada Let's Colour yang tak kalah menarik adalah Colour Card. Menu ini berisi rangkaian produk Jotun yang sesuai dengan kebutuhan Anda akan cat berkualitas tinggi. Rangkaian produk yang ditawarkan meliputi Jotashield Extreme, Jotashield Antifade, Majestic Ecohealth, Gardex Premium, Jotaroof, Strax Matt, dan Jotaplast.

Cukup klik salah satu icon dan Anda akan segera mengetahui lebih detail mengenai rangkaian produk berkualitas dari Jotun. Sebagai contoh saya ingin mengetahui detail produk Jotashield Extreme. Setelah saya klik, kemudian muncul beragam informasi mengenai produk tersebut. Jotashield Extreme ternyata merupakan cat berkualitas produksi Jotun yang ditujukan untuk eksterior yang menghadapi cuaca panas yang ekstrem negara tropis seperti Indonesia. Saya semakin tertarik, ternyata Jotashield Extreme mampu memberikan 2x perlindungan terhadap radiasi sinar ultraviolet, sinar inframerah, dan juga merefleksikan panas. Cat dengan formulasi 100% akrilik ini ternyata juga resisten terhadap basa, anti-jamur, anti-lumut, dan ramah lingkungan karena berkontribusi mengurangi panas di dalam ruangan dan mengurangi efek pemanasan lokal. Sungguh suatu produk yang sangat luar biasa.

- ColourPop
Seperti yang telah saya singgung di awal bahwa ternyata juga terdapat fitur games pada DecorativeJI, inilah fitur tersebut. Sebuah games sederhana yang mengasah otak yang dapat Anda mainkan jika sedang jenuh dan bosan menunggu misalnya.


- Products Info
Fitur ini memberikan informasi mendetil tentang produk Jotun lainnya yang sesuai dengan interior, eksterior, maupun bagian rumah Anda lainnya yang terbuat dari kayu dan logam. Fitur ini dapat menjadi referensi yang sangat baik dalam memilih produk cat berkualitas tinggi dari Jotun.

- Store Location
Jika Anda tertarik membeli produk Jotun sebagai pilihan cat berkualitas untuk hunian Anda, tak perlu bingung kemana harus membeli, memesan, atau setidaknya bertanya lebih lanjut mengenai produk Jotun. Anda dapat memanfaatkan fitur Store Location pada DecorativeJI untuk bertanya melalui Multicolor Care Call Center yang bebas pulsa, atau langsung datang ke Jotun Multicolor Center terdekat yang dapat diakses alamatnya juga melalui aplikasi ini.

- Articles - Events & Promo
Dua fitur ini berisi kumpulan berbagai artikel terkait acara dan promo terbaru dari Jotun, penjelasan produk, pemilihan warna ruangan, dan berbagai topik lainnya. Sangat informatif bagi Anda yang ingin mengetahui update terbaru dari Jotun Indonesia.

Untuk info lebih lanjut mengenai produk Jotun dan juga beragam tips dan trik menarik seputar desain arsitektur hunian, Anda dapat mengunjungi web Jotun Indonesia di http://warnaimpian.com atau fanpage Warna Impian di Facebook yang tentunya menambah pengetahuan dan juga menginspirasi Anda.

- Twitter dan Facebook
Anda dapat berbagi pengalaman menggunakan aplikasi DecorativeJI lewat Twitter dan Facebook. Tentu dengan berbagi cerita, Anda dan teman-teman di jejaring sosial Anda dapat saling bertukar pikiran terkait desain rumah dan ruangan impian Anda dan berbagai hal menarik lainnya.

Itulah penjelasan saya mengenai beragam fitur menarik yang dimiliki oleh DecorativeJI beserta pengalaman saya dalam menggunakan setiap fitur yang ada. Aplikasi ini sangat unik, menarik, interaktif, dan inspiratif. Saya yakin Anda semakin tertarik untuk segera mengunduh aplikasi DecorativeJI pada gadget Anda dan segera merancang rumah serta ruangan impian dengan menghadirkan warna impian yang dapat Anda peroleh dari produk Jotun yang berkualitas tinggi. Tak perlu pikir panjang lagi, segera download DecorativeJI dan hadirkan warna impian untuk hunian Anda demi kualitas hidup yang lebih baik.. :)


Anda sedang membaca artikel Hadirkan Warna Impian dengan Aplikasi DecorativeJI yang dibuat oleh Abi Sofyan Ghifari dengan URL berikut http://abi-ghifari.blogspot.com/2013/04/hadirkan-warna-impian-dengan-aplikasi.html, apabila Anda ingin menggunakan artikel ini sebagai sumber, mohon sertakan link Hadirkan Warna Impian dengan Aplikasi DecorativeJI beserta nama penulis untuk menghargai Hak Cipta penulis dan menghindari plagiarisme. Terima kasih telah berkunjung :)

4 comments:

  1. Aplikasinya keren nih kayaknya.. Mau donlot ah, pengen coba dekor2 kamar impian.. :D

    ReplyDelete
  2. Donlot aja, gampang dan cepet kok.. Size-nya gak gede soalnya. Kalo pake BlackBerry tinggal ke Blackberry World trus search DecorativeJI jg lgsg ketemu. Kalo pake Android atau IPhone jg kynya sama aja, tinggal ke Play Store atau App Store trus search, donlot, dan install.. :D
    Cara gunainnya kan jg gampang, inspiratif pula.. :D

    ReplyDelete
  3. Aplikasi yg keren dan menarik. Jd pengen donlot, pasti inspiratif bgt pas mau dekor ruangan :) nice posting..

    ReplyDelete
  4. Aplikasi ini mmg pioneer di Indonesia. Mudah digunakan, aplikatif, dan inspiratif.. Gak cuma berisi produk2 berkualitas d Jotun tp jg kita bisa desain ruangan impian kita dan memperkirakan kebutuhan cat-nya.. Bener2 seru deh :D

    Coba aja donlot, dr smartphone apapun bisa kok ;)

    ReplyDelete

Thanks for visiting and please leave your comments!! :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...