Google Ghifari's Sketchbook - Learn Share Inspire Ghifari's Sketchbook - Learn Share Inspire

Widgets

Widgets

Tumbukan Raksasa Galaksi Bimasakti, Andromeda, dan Triangulum


  Para astronom NASA (National Aeronautics and Space Administration) saat ini telah memprediksikan dengan yakin suatu peristiwa kosmik besar yang akan mempengaruhi galaksi, matahari, dan sistem tata surya kita. Peristiwa itu adalah tumbukan raksasa antara galaksi Bimasakti dengan galaksi terdekat, Andromeda.

Bimasakti diperkirakan akan mengalami perubahan besar ketika peristiwa tersebut terjadi, yang kemungkinan akan terjadi empat miliar tahun dari sekarang. Meskipun matahari diprediksikan akan berpindah tempar ke region lain di dalam Bimasakti, Bumi dan sistem tata surya diperkirakan tidak mengalami kehancuran. Hal tersebut dikonfirmasi kebenarannya oleh Roeland van der Marel dari Space Telescope Science Institute (STScI) di Baltimore.

  Prediksi ini didasarkan atas hasil pengamatan teleskop ruang angkasa Hubble milik NASA yang mengukur pergerakan galaksi Andromeda. Data-data dari teleskop Hubble tersebut dibuat suatu simulasi komputer yang mengolah data kecepatan gerak dan interaksi antar-galaksi seperti pada semesta lokal. Perhitungan kecepatan galaksi secara akurat menggunakan teorema efek Doppler yang mengukur perubahan frekuensi gelombang elektromagnetik akibat perubahan posisi. Menurut simulasi ini, Andromeda yang memiliki kecepatan gerak 2000 kali dari Bimasakti sekitar 250,000 mil/jam, akan bertabrakan dengan Bimasakti dalam kurun waktu empat miliar tahun lagi.

  Andromeda saat ini berada sekitar 2.5 juta tahun cahaya dari Bimasakti, namun gaya tarik-menarik gravitasi dan “materi gelap” yang tak terlihat di antara galaksi besar tersebut akan membuat Andromeda kian mendekat dan bertumbukan dengan Bimasakti. Sistem tata surya diperkirakan akan berubah posisi, dari semula di sekitar titik tengah Bimasakti akan terlempar jauh dari titik semula.

   Lebih rumit lagi, terdapat kemungkinan bahwa galaksi Triangulum, salah satu bagian kecil galaksi Andromeda akan ikut bertumbukan. Kemungkinan Triangulum akan bergabung dengan gabungan galaksi Andromeda-Bimasakti atau bahkan lebih dahulu bertumbukan dengan Bimasakti sebelum Andromeda tiba.

Sumber dan Sumber Gambar : www.sciencedaily.com

Anda sedang membaca artikel Tumbukan Raksasa Galaksi Bimasakti, Andromeda, dan Triangulum yang dibuat oleh Abi Sofyan Ghifari dengan URL berikut http://abi-ghifari.blogspot.com/2013/04/tumbukan-raksasa-galaksi-bimasakti.html, apabila Anda ingin menggunakan artikel ini sebagai sumber, mohon sertakan link Tumbukan Raksasa Galaksi Bimasakti, Andromeda, dan Triangulum beserta nama penulis untuk menghargai Hak Cipta penulis dan menghindari plagiarisme. Terima kasih telah berkunjung :)

No comments:

Post a Comment

Thanks for visiting and please leave your comments!! :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...