Google Ghifari's Sketchbook - Learn Share Inspire Ghifari's Sketchbook - Learn Share Inspire

Widgets

Widgets

Create Your Academic Plan


   Sekitar setahun yang lalu saya diminta menjadi pembicara pada sebuah acara talkshow ringan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Departemen Kimia UI. Acara tersebut bertajuk "Tetrahedral" dan (kalau saya tidak salah) diselenggarakan dua kali dalam setahun. Saya pernah menghadiri acara ini beberapa kali selama duduk di bangku kuliah. Topik yang didiskusikan beragam dan juga pembicaranya. Tetapi yang istimewa pada saat itu adalah karena saya tidak duduk di bangku peserta, melainkan di depan sebagai pembicara. Berikut adalah slide presentasi yang saya bawakan pada waktu itu.
   Topik acara "Tetrahedral" saat itu adalah mengenai rencana akademis dan organisasi semasa perkuliahan. Topik ini memang ditujukan untuk mahasiswa tingkat awal agar dapat merencanakan kegiatan akademis sekaligus organisasi dengan baik. Bagaimanapun juga sukses dalam berencana sama dengan merencanakan kesuksesan. Sehingga merencanakan berbagai kegiatan akademis selama kuliah menjadi sangat penting untuk menggapai kesuksesan akademis. Ada beberapa kiat yang saya sampaikan pada talkshow tersebut. Berikut beberapa di antaranya.

1. Ketahui informasi akademik
   Kiat pertama ini adalah langkah yang paling krusial dalam menentukan rencana akademis selama masa perkuliahan. Dengan mengetahui kegiatan perkuliahan, mata kuliah, jadwal dan materi kuliah, serta berbagai hal lainnya yang terkait dengan dunia perkuliahan tentu membuat rencana yang dibuat dapat diimplementasikan dengan baik.

2. Ketahui minat dan prioritas
   Mengetahui minat serta prioritas kita selama duduk di bangku kuliah merupakan kiat penting selanjutnya. Dengan mengetahui minat dan prioritas, kita dapat mematangkan rencana kita dalam melakukan kegiatan yang benar-benar kita minati dan prioritaskan.

3. Tentukan waktu kelulusan
   Tidak masalah apakah kita sebagai mahasiswa ingin lulus 3,5 tahun, 4 tahun atau bahkan 6 tahun. Yang terpenting adalah pertimbangan apa yang ada di baliknya. Kegiatan apa yang akan kita lakukan selama di masa perkuliahan sebelum kelulusan. Karya dan kontribusi seperti apa yang ingin kita hasilkan. Hal itu tentu membuat waktu perkuliahan kita menjadi jauh lebih bermakna.

4. Tuliskan rencana
   Menulis rencana yang telah dibuat menjadi sarana yang baik untuk senantiasa mengingatkan diri kita agar setidaknya menjalankan aktivitas sesuai rencana, atau bahkan lebih baik. Rencana yang telah ditulis juga dapat menjadi semacam checkerboard aktivitas-aktivitas yang akan kita lakukan dan juga yang belum atau telah kita lakukan. Kiat ini adalah cara yang baik untuk memulai menjalankan aktivitas berdasarkan rencana yang telah dibuat.

Untuk lebih lengkap bagaimana membuat perencanaan akademis yang baik silakan mengunduh e-book "Create Your Academic Plan!!" yang telah saya buat. Silakan klik di sini untuk mengunduh.

Semoga bermanfaat dan menginspirasi!! :)

Untuk pertanyaan lebih lanjut seputar dunia akademis, follow @abighifari :)
Anda sedang membaca artikel Create Your Academic Plan yang dibuat oleh Abi Sofyan Ghifari dengan URL berikut http://abi-ghifari.blogspot.com/2013/09/create-your-academic-plan.html, apabila Anda ingin menggunakan artikel ini sebagai sumber, mohon sertakan link Create Your Academic Plan beserta nama penulis untuk menghargai Hak Cipta penulis dan menghindari plagiarisme. Terima kasih telah berkunjung :)

No comments:

Post a Comment

Thanks for visiting and please leave your comments!! :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...