Google Ghifari's Sketchbook - Learn Share Inspire Ghifari's Sketchbook - Learn Share Inspire

Widgets

Widgets

7 Teori Awal Mula Terbentuknya Kehidupan


  Kehidupan di Bumi berawal dari 3 miliar tahun yang lalu mulai dari mikroba yang sangat sederhana hingga mengarah ke bentuk kehidupan yang sangat kompleks saat ini. Namun bagaimana organisme pertama muncul di planet yang satu-satunya kita ketahui memiliki bentuk kehidupan ini? Berikut adalah tujuh teori sains tentang awal mula terbentuknya kehidupan di Bumi.

1. Percikan Listrik
Percikan listrik yang berasal dari petir dapat membentuk molekul asam amino dan gula dari bahan baku air, metana, amonia, dan hidrogen pada atmosfer purba miliaran tahun yang lalu. Teori didasari atas eksperimen Miller-Urey yang mendemonstrasikan atmosfer zaman itu dan memberikan kejutan listrik tegangan tinggi sehingga menghasilkan asam amino sederhana dan gula. Kemudian dari molekul sederhana tersebut, molekul-molekul yang lebih kompleks mulai terbentuk yang mendasari terbentuknya kehidupan awal di muka bumi.

2. Tanah Liat
Molekul kehidupan pertama mungkin ditemukan pada tanah liat. Permukaan tanah liat purba tidak hanya mengandung molekul-molekul organik penyusun kehidupan, tetapi juga menyusunnya hingga membentuk pola layaknya gen kita saat ini. Seorang kimiawan asal University of Glasgow, Skotlandia, Alexander Graham Cairns-Smith berpendapat bahwa kristal mineral pada tanah liat dapat menyusun molekul organik menjadi bentuk yang terorganisir hingga dapat membentuk DNA dan protein. DNA merupakan molekul awal pembentuk sel.

3. Lubang Laut Dalam
Teori lubang laut dalam mengasumsikan bahwa kehidupan dimulai dari lubang-lubang hidrotermal bawah laut yang menyemburkan molekul organik kaya hidrogen. Ceruk-ceruk bebatuan pada laut dalam menyediakan mineral yang dapat berfungsi sebagai katalis reaksi yang membentuk molekul kehidupan awal. Tersedianya energi kimia dan kalor yang melimpah pada lubang hidrotermal laut dalam juga menguatkan teori ini.

4. Es
Teori es merupakan teori selanjutnya. Es kemungkinan menutupi sebagian lautan sekitar tiga miliar tahun yang lampau, dimana sinar matahari tiga kali lebih redup dibanding sekarang. Lapisan es yang mungkin bisa setebal ratusan meter ini melindungi molekul organik yang rentan terhadap suhu tinggi, sinar ultraviolet, dan radiasi kosmik. Lapisan es ini menjadi semacam “kulkas” bagi molekul organik yang memungkinkannya dapat bertahan lebih lama dan membentuk reaksi awal terbentuknya kehidupan.

5. Dunia RNA (ribonucleic acid; asam ribonukleat)
Saat ini seluruh bentuk kehidupan membutuhkan DNA untuk membentuk protein, dan juga membutuhkan protein untuk membentuk DNA. Lalu bagaimana mereka dapat terbentuk tanpa adanya molekul yang saling bergantung tersebut? Jawabannya adalah RNA. RNA dapat menyimpan informasi genetik layaknya DNA, dapat bertindak sebagai enzim layaknya protein, dan membantu pembentukan DNA dan protein. Teori “dunia RNA” ini menyatakan RNA terbentuk dari molekul-molekul organik awal yang kemudian membentuk DNA dan protein sebagai bahan awal terbentuknya kehidupan.

6. Siklus Reaksi Sederhana
Kebalikan dengan teori sebelumnya yang menyatakan bahwa kehidupan berawal dari molekul yang cukup kompleks seperti RNA, teori ini menyatakan bahwa kehidupan mungkin berawal dari molekul-molekul sederhana yang berinteraksi dalam suatu siklus reaksi. Siklus reaksi ini kemudian membentuk suatu sel yang sangat sederhana yang kemudian berevolusi terus menerus membentuk sel yang semakin kompleks. Teori ini mengedepankan model metabolisme dibandingkan dengan model gen dari teori “dunia RNA”.

7. Panspermia
Mungkin kehidupan bukan berawal dari bumi, tetapi dari suatu tempat di luar sana yang kemudian menghasilkan istilah “panspermia”. Penemuan sejenis mikroba di Mars diasumsikan berasal dari batuan kosmik yang secara periodik menghantam Mars. Begitupun halnya dengan Bumi, beberapa ilmuwan memiliki pendapat yang kontroversial bahwa meteorit Martian yang ditemukan di Bumi mengandung mikroba yang menjadi bentuk awal kehidupan di Bumi. Bagaimanapun apabila teori ini benar, pertanyaan yang diajukan bukan lagi bagaimana awal kehidupan di Bumi tetapi bagaimana awal kehidupan di suatu tempat di luar sana.

Bagaimanapun juga ketujuh konsep di atas masih berupa teori dan belum dapat dipastikan kebenarannya. Mungkin kita tidak akan pernah mengetahui secara pasti bagaimana kehidupan awal di Bumi ini dapat terbentuk. Wallahu a’lam bisawab.

Diterjemahkan secara bebas dari LiveScience.com
Sumber gambar: http://asa3.org/zine/wp-content/uploads/2011/01/originoflife2.jpg
 
Anda sedang membaca artikel 7 Teori Awal Mula Terbentuknya Kehidupan yang dibuat oleh Abi Sofyan Ghifari dengan URL berikut http://abi-ghifari.blogspot.com/2013/04/7-teori-awal-mula-terbentuknya-kehidupan.html, apabila Anda ingin menggunakan artikel ini sebagai sumber, mohon sertakan link 7 Teori Awal Mula Terbentuknya Kehidupan beserta nama penulis untuk menghargai Hak Cipta penulis dan menghindari plagiarisme. Terima kasih telah berkunjung :)

No comments:

Post a Comment

Thanks for visiting and please leave your comments!! :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...